Thursday, September 29, 2005

KARAKTER MAJALAH


Media yang lebih segmented menjangkau audience. Isi dari majalah pun disesuaikan dengan segmentasi konsumennya.
Dalam hal penyajian berita, majalah berbeda kedalaman isinya daripada surat kabar.
Tekanan pada unsur menghibur dan mendidik. (Rhenald Kasali, 1992: 108)

Kekuatan Majalah
- Khalayak sasarannya jelas, karena lebih tersegmen dan terspesialisasi
- Majalah dapat mengangkat produk-produk yang diiklankan sejajar dengan persepsi khalayak sasaran terhadap prestige majalah tersebut.
- Usia edar majalah lebih panjang daripada surat kabar.
- Kualitas visual lebih baik daripada surat kabar
- Efektif untuk pesan iklan yang berbau promosi penjualan.



Kelemahan Majalah

- Flexibility kurang, karena ada deadline dalam pembuatan final artwork iklan.
- Biaya pencetakan tinggi, karena kualitas visualnya bagus.
- Biasanya tidak ada ready stock, karena distribusi majalah umumnya lambat dan jaringan distribusi kurang tepat sasaran.

Segmentasi Majalah
Untuk meng-segmentasikan audience, maka media selection perlu memperhatikan sbb:
1. Profil khalayak, berdasarkan:
- faktor demografis (usia, pendapatan perbulan, dll)
- mengidentifikasikan kebiasaan konsumen dalam menggunakan produk)
- kelompok psikografis (gaya hidup, motivasi dan perilaku, kepribadian) membagi pembaca dalam 3 kelompok, yaitu:
- Swinger. Pembaca yang selalu mencari produk yang mutakhir, up to date, bergerak cepat. Cara hidup mereka adalah mementingkan kesenangan.
- Prestigious Seeker. Kelompok pembaca yang ketika mencari produk dihubungkan dengan pencerminan kedudukan yang tinggi di masyarakat. Mereka selalu menjaga prestige dan penampilan, karena mereka ingin selalu dianggap trendy.
- Plain Joes. Kelompok yang lebih kasual, mencari barang yang biasa dan tidak mencolok mata tetapi dapat memenuhi kebutuhan.


2. Daya jangkau yang memadai, majalah tersebut lingkup nasional ataukah regional.

3. Media dengan frekuensi yang sesuai (mingguan, 2 mingguan, dst…).

(dari berbagai sumber)



4 comments:

Anonymous said...

Halo, salam kenal..saya Rama Andika, mahasiswa komunikasi UI...saya baca post anda "Karakter majalah", sangat menarik. Boleh tau apa saja sumber2 buku referensi post anda tersebut? Seandainya boleh tolong saya dibantu. Saat ini saya sedang mempelajari media komunikasi majalah. Terima kasih sebelumnya.

e-mail saya : ramahyde@yahoo.co.uk

http://lettersfromyoshi.blogspot.com/ said...

Halo... saya mathilda yosiana mahasiswa Jurnalistik UNPAD. Kalo boleh tau, sumber buku apa saja yang anda gunakan dlm tulisan di blog ini?
Kebetulan saya sedang menyusun skripsi mengenai media massa cetak (khususnya majalah). Terima kasih banyak.

email: m_yosiana@yahoo.com

mathilda said...

Halo... saya mathilda yosiana mahasiswa Jurnalistik UNPAD. Kalo boleh tau, sumber buku apa saja yang anda gunakan dlm tulisan di blog ini?
Kebetulan saya sedang menyusun skripsi mengenai media massa cetak (khususnya majalah). Terima kasih banyak.

email: m_yosiana@yahoo.com

Anonymous said...

Halo...saya irfan,praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri Jatinangor,,terima kasih atas post saudara krn telah byk mmbntu saya dalam mnyelesaikan tugas kuliah saya.
e-mail saya : muhammad.irfan150193@yahoo.co.id